17 Mantan Ketua DPC PD Balas Dendam ke IAS'' Solid Dukung Pasangan Rudi-Nawir

RAKYAT SULSEL – Bakal Calon Wakil Gubernur yang hampir pasti mendampingi Rudiyanto Asapa, Andi Nawir Pasinringi mendapat dukungan dari 17 kader Partai Demokrat (PD). Mereka merupakan mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang tersebar di Sulawesi Selatan yang berseberang dengan Ilham Arief Sirajuddin di Musda DPD Demokrat 2010 lalu.
Mereka disebut solid menyatakan dukungan kepada pasangan Rudiyanto Asapa-Andi Nawir pada Pilgub 22 Januari 2013 mendatang. Salah satunya, mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Palopo, Zirmanyanto Zainal. Ia mengatakan bahwa mereka yang mendukung Nawir pada Musda DPD Demokrat lalu, 90 persen masih solid kepada mantan Bupati Pinrang dua periode itu.
Menurutnya, manuver politik yang dilakukan 17 mantan Ketua DPC Demokrat adalah bentuk pembalasan kepada korban yang dizalimi oleh sejumlah elit Demokrat pada Musda DPD Demokrat lalu. Dia menyebutkan 17 mantan Ketua DPC Demokrat yang mendukung Nawir pada Musda yakni DPC Selayar, Bulukumba, Bantaeng, Bone, Soppeng, Enrekang, Barru, Takalar, Pinrang, Toraja, Toraja Utara, dan Luwu Timur. Termasuk Palopo saat dirinya menjabat Ketua DPC Demokrat.
“Ketika hasil Musda DPD Demokrat, kami bersama Ketua DPC lainnya menangis karena jagoan kami dizalimi. Hal itu yang membuat kami merasa sedih,”ungkap Zirmayanto kepada Rakyat Sulsel, kemarin. Saat ini Zirmayanto mengaku menjadi salah satu korban politik yang dibuang oleh Demokrat.

Terakhir Zirmayanto menjabat di Demokrat Sulsel sebagai Wakil Ketua. Namun, jauh sebelumnya dia mengaku sudah siap hengkang dari partai berlambang mercy itu dan sekarang Zirmayanto memilih menjabat Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel. “Jadi, keyakinan saya, 17 mantan Ketua DPC Demokrat mendukung Nawir karena memiliki hubungan emosional yang sangat baik,”ujar Balon Wakil Walikota Palopo itu.
Dia menambahkan, bahwa dukungan 17 mantan Ketua DPC Demokrat kepada Nawir sangat berpengaruh bagi daerahnya masing-masing. “Karena itu, di Pilgub ini, Rudiyanto-Nawir merupakan pasangan yang dapat meraih suara rill karena kedua tokoh ini masing-masing memiliki basis yang kuat. Untuk Rudiyanto sendiri memiliki basis di Sinjai, Bone, Bulukumba dan Toraja. Sedang Nawir memiliki wilayah di Ajatappareng yang meliputi Enrekang, Sidrap, Parepare,Pinrang dan Barru,”tambahnya.(K6/eui/D)