6 Syarat Jadi Presiden RI 2014 Versi Amien Rais

Jakarta – Mantan Ketua MPR Amien Rais menyatakan syarat enam kriteria yang harus dipenuhi oleh calon presiden pada Pemilu 2014 mendatang. Bukan dengan melihat ketokohan orang bersangkutan, partai politik, kelompok tertentu maupun background tertentu, melainkan obyektifitas calon bersangkutan.
Pertama : calon bersangkutan haruslah orang yang memahami ideologi dan falsafah Indonesia. Yakni dengan meyakini Pancasila secara sungguh-sungguh dengan tafsiran sesuai dengan perjalanan bangsa Indonesia.
Kedua : calon tersebut harus mempunyai integritas yang baik secara pribadi dan dimata hukum. Ia tidak memiliki catatan buruk semacam riwayat korupsi, imoral serta tindakan yang tidak beres lainnya.
Ketiga : calon harus memiliki jam terbang yang memadai. Tidak mungkin aktivis kampus tiba-tiba jadi presiden, nanti kacau balau. Atau bintang film karena terkenal jadi presiden, saya kira nanti mengulang kesalahan di Filipina,” ungkap Amien Rais, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN, Minggu (27/5/2012) malam.

Keempat : calon bersangkutan harus bisa dan betul-betul dapat merangkul seluruh anak bangsa lepas dari kelompok, agama maupun etnik. Karena nanti ketika jadi presiden akan jadi bapak atau ibu yang layaknya mengayomi keberadaan keluarganya.
Kelima : calon tadi harus fasih memahami arti globalisasi. Karena mau tidak mau Indonesia akan dihadapkan pada arah globalisasi yang tidak terelakkan, sehingga tokoh itu tidak akan membuat kita malu bangsa Indonesia.
Keenam : calon harus bisa memberikan keteladanan sebagai seorang pemimpin yang bebas dari mentalitas inlander, paham terjajah, tunduk, merunduk, berdasarkan kepentingan asing.
“Kalau sudah ketemu keenam ini, kita lihat apakah si x, y, z nanti akan ketemu. Tapi kalau kita sebut nama tokoh seperti Prabowo, Mulyani atau Bu Ani maka akan kacau. Saya rasa (presiden) itu lebih baik yang muda,” pungkas Amien.