(MENUJU RI 01 2014)' OLEH DIREKTUR SURVEI DAN RQC (IPI) INDEKS POLITICA INDONESIA' A. SRI WULANDANI S.Ip

LATIN POST NEWS: Seakan kita ini tak sabar menunggu, beberapa calon Presiden R.I mendatang sudah mulai digadang-gadang kesana-kemari, kendati masih ada waktu sekitar dua tahun lagi. Para politisi dari berbagai parpol pun nampaknya sudah kasak-kusuk melakukan perang dingin maupun perang terbuka, sejak tahun lalu. Bahkan para pengamat, LSM, akademisi dan kalangan masyarakatpun sudah terlibat pembahasan, dari kala warung kopi hingga acara-acara yang khusus digelar untuk itu.
Yang menjadi persoalan sebenarnya sekarang adalah, siapa yang mampu mengatasi problema-problema yang dihadapi masyarakat, baik sekarang dan ke depan? Dan apakah kekuatan parpol sekarang ini masih bisa memberi jaminan terhadap elektabilitas calon presiden yang akan muncul. Pemimpin yang elektabilitas itu akan ditentukan oleh rakyat, dan  yang akan memilih figure calon Presiden secara langsung adalah rakyat.
Jika kita mengamati sekarang ini gerakan partai politik semua sudah tertuju ke momentum politik 2014. Beberapa figur calon presiden sudah mulai bermunculan saat ini, sudah ada yang terus terang siap berkompetisi pada pilpres 2014 dan ada beberapa yang masih malu-malu. Dan kalau kita lihat sekarang figur-figur yang muncul masih muka-muka lama yang dengan rekam jejak yang tidak begitu menjanjikan, sebenarnya publik berharap akan muncul figur-figur baru yang masih muda, segar dengan gagasan akan tetapi figur muda di tahun 2014 kayaknya belum akan menjadi pilihan rakyat.
Semakin mendekati pemilu 2014 nampaknya berbagai survei juga terus dilakukan  para lembaga survey guna untuk mengetahui elektabilitas capres 2014 yang akan datang. Diantara nama-nama calon Presiden yang lebih spesifik dan bahkan makin sering mencuat dalam perbincangan publik belakangan ini, antara lain: Megawati Soekarnoputri, Wiranto, Prabowo Soebianto, Aburizal Bakrie, Surya Paloh, Hatta Rajasa, Mahfud MD, Dahlan Iskhan, Jusuf kalla dan masih banyak lagi tokoh lainya ini tentunya akan  semakin menambah hingar-bingar calon Presiden mendatang.
Dari beberapa survey yang sudah dilakukan oleh lembaga survey seperti: Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) menobatkan Prabowo sebagai kandidat terkuat capres 2014, yaitu dengan 28% dukungan. Namun, Jaringan Survey Indonesia (JSI) justru menempatkan Megawati diposisi teratas dan mengungguli Prabowo dengan dukungan sebesar 23,8%. Sementara Developing Countries Study Center (DCSC) merilis hasil surveinya, dengan menempatkan Hatta Rajasa sebagai capres terpopuler yang diberitakan oleh media massa dan mengungguli Aburizal Bakrie, dengan jumlah artikel sebanyak 51,8%, Indeks Politica indonesia (IPI) merilis tiga nama terpopuler dan tertinggi elektabilitasnya' Prabowo Subianto 22,15% dan Jusuf Kalla 14,25% mengunguli, figur-figur lain' namun menurut Direktur Eksekutif IPI Suwadi Idris Amir' pada pilpres 2014 nanti toko senior masih akan mendominasi pesta demokrasi lima tahunan itu' karna toko muda belum ada yang jelas menyatakan kesiapannya dan juga belum terlalu mampu menarik simpati masyarakat indonesia.' berikut beberapa toko senior dan muda yang diprediksi akan maju memperebutkan kursi RI 01 2014  ada sekitar 29 orang.''
Nama-namanya adalah: (1) Aburizal Bakrie (2) Amien Rais (3) Anas Urbaningrum (4) Andi M. (5) Ani Yudhoyono (6) Anies Baswedan (7) Chairul Tanjung (8) Dahlan Iskan (9) Din Syamsuddin (10)Hasyim Muzadi (11)Hatta Rajasa (12)Hidayat Nur wahid(13)Jusuf Kalla  (14)M. Nuh (15)Mahfud MD (16)Megawati Soekarno Putri (17)Prabowo Soebianto (18)Pramono Edhie W. (19)Puan Maharani (20)Soekarwo  (21)Sri Mulyani (22)Sri Sultan Hamengku B. (23)Suryadarma Ali  (24)Sutanto (25)Sutiyoso (26)Tifatul Sembiring (27)Wiranto (28)Yenni Wahid (29)Yusril Ihza Mahendra.."(dani/udin)