Irman Sebut Semua Daerah Dimenangkan Syahrul

Irman Sebut Semua Daerah Dimenangkan Syahrul

Latin: Rudi Keok di Kandang Sendiri
 
MAKASSAR, CAKRAWALA – Adik kandung Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Irman Yasin Limpo menyebut saat ini elektabilitas Syahrul sangat memuaskan di semua daerah. Irman yang akrab disapa None bahkan menegaskan jika di semua kabupaten tak ada satupun yang dimenangkan kompetitor Syahrul. Founding Father Lembaga Konsultan Pemenangan SYL, Adiyaksa Supporting House ini menyebut hal itu berdasarkan survei ter­akhir yang dilakukan.
“Dalam survei terakhir kami, Maret lalu, tak satupun kabupaten yang dimenangkan oleh kompetitor Syahrul,” kata None, Minggu, 6 Mei, di Warkop 57, Jalan Pengayoman, Makassar.
Hal itu selaras dengan hasil survei Latompi Indonesia (Latin) Institute. Khusus di Kabupaten Sinjai, Latin bahkan menyebutkan Bupati Sinjai dua periode yang juga kandidat calon Gubernur Sulsel, Rudiyanto Asapa, kalah telak dari SYL, bakal juga pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Qahhar Mud­zakkar. Latin Institute yang baru saja selesai melakukan survei terkait pilgub di Sinjai, mengatakan hal tersebut di Warkop Todopuli, Makassar. Manager Media dan Analisis Publik Latin Institute, Mu’min Elmin, menjelaskan, survei Rudi di Sinjai tertinggal jauh dari dua kompetitornya di pilgub, yakni SYL dan IA.
 “Di Sinjai, justru SYL melambung jauh. Karena dia dianggap berhasil memimpin Sulsel. Survei SYL masih unggul jauh dari pasangan IA maupun Rudiyanto Asapa,” kata Mu’min. ia membeberkan, elektabilitas SYL mencapai 59 persen lebih. Sedang pasangan IA ha­nya mencapai 29 persen. Adapun Rudi hanya berkisar 10 persen saja. “Selebihnya tidak menyatakan sikap,” ujarnya. Sekalipun demikian, dia mengakui bila tren pasangan IA meningkat sebagaimana klaim Demokrat beberapa waktu lalu. Namun, sayangnya tren tersebut tidaklah signifikan.
Dia melanjutkan, hal menarik lain yang ditemukan dalam survei tersebut, masyarakat Sinjai pada umumnya menginginkan Ketua DPRD Sulsel, Moh Roem sebagai calon wakil SYL. Menurut Latin, hal tersebut wajar sebab Roem pernah menjabat Bupati Sinjai dua periode sebelum Rudi. Dia juga memastikan ada­nya keanehan dalam pasangan IA. Dia menjelaskan, pasang­an Ilham, Aziz Qahhar Mud­zakkar, pada dasarnya lebih kuat dibanding Ilham.
“Sumbangsih suara Aziz untuk seluruh Sulsel, itu harga mati 16 persen sekalipun dia tidak melakukan apa-apa, karena nama besar Qahhar Mudzakkar dibelakangnya. Pertanyaannya adalah berapa sumbangsih suara Ilham untuk pasangan IA?,” tanya Mu’min.
“Kenyataannya, popularitas Ilham masih tertinggal jauh dari wakilnya sendiri. Untuk daerah Sulsel, popularitas Aziz lebih tinggi dibanding Ilham. Popularitas Aziz mencapai 80 persen, sedang Ilham baru 50 persen lebih. Kalau SYL, itu sudah pasti 93 persen ke atas,” papar Mu’min. Seperti diketahui, popularitas atau keterkenalan adalah hal pasti yang harus dimiliki sebelum bisa memperoleh elektabilitas atau dengan kata lain dipilih oleh masyarakat. “Tapi soal detail hasil surveinya, baru akan kami rilis dalam waktu dekat ini,” lanjut Mu’min. Perlu diketahui, survei Latin ini, dilakukan sejak Maret lalu. (del/soe)
http://www.cakrawalaberita.com/politik/irman-sebut-semua-daerah-dimenangkan-syahrul